Pengertian Manajemen Strategik Menurut Sondang – brainyqueen

Pengertian Manajemen Strategik Menurut Sondang

Manajemen Strategik Jan 29, 2023 No Comments
PPT Proses dan Model Manajemen Strategik PowerPoint Presentation
PPT Proses dan Model Manajemen Strategik PowerPoint Presentation from www.slideserve.com

Manajemen strategik adalah sebuah pendekatan yang digunakan oleh organisasi untuk mengidentifikasi, mempelajari, dan memilih strategi untuk mencapai tujuan organisasi. Manajemen strategik juga mencakup proses pembuatan keputusan strategis untuk menentukan arah organisasi dan mengimplementasikan keputusan tersebut. Sondang adalah salah satu tokoh yang memiliki pandangan terhadap manajemen strategik.

Definisi Manajemen Strategik Menurut Sondang

Menurut Sondang, manajemen strategik adalah suatu proses yang melibatkan perencanaan, pengorganisasian, pengarah, dan pengontrolan dalam mencapai tujuan organisasi. Menurut Sondang, manajemen strategik adalah proses yang terfokus pada pencapaian tujuan jangka panjang, mengambil keputusan mengenai arah jangka panjang, dan mengimplementasikan keputusan-keputusan tersebut. Proses ini menekankan pada pengembangan rencana jangka panjang yang akan mengukur kinerja organisasi di masa depan.

Komponen Manajemen Strategik Menurut Sondang

Menurut Sondang, manajemen strategik terdiri dari empat komponen utama yaitu: perencanaan strategis, pengorganisasian strategis, pengarah strategis, dan pengontrol strategis. Komponen-komponen ini berfungsi untuk memastikan bahwa organisasi mencapai tujuannya secara efektif dan efisien.

1. Perencanaan Strategis

Perencanaan strategis adalah proses mengidentifikasi tujuan jangka panjang yang ingin dicapai oleh organisasi, menetapkan strategi yang tepat untuk mencapai tujuan tersebut, dan mengembangkan rencana jangka panjang untuk mencapai tujuan tersebut. Perencanaan strategis juga mencakup eksplorasi dan evaluasi berbagai rencana yang berbeda untuk mencapai tujuan.

2. Pengorganisasian Strategis

Pengorganisasian strategis adalah proses mengatur struktur organisasi, membuat hubungan antara berbagai bagian organisasi, mengatur sumber daya organisasi, dan menentukan bagaimana organisasi dapat mencapai tujuannya. Proses ini melibatkan penentuan tujuan, pengembangan struktur organisasi, pengembangan sistem manajemen, dan pengembangan budaya organisasi.

3. Pengarah Strategis

Pengarah strategis adalah proses mengambil keputusan yang menentukan arah jangka panjang organisasi. Proses ini melibatkan pemahaman tujuan organisasi, analisis lingkungan eksternal, analisis lingkungan internal, menetapkan strategi jangka panjang, dan membuat rencana jangka panjang. Proses ini juga melibatkan pemahaman berbagai konsep manajemen strategik, seperti matriks SWOT, analisis rantai nilai, dan analisis kompetitif.

4. Pengontrol Strategis

Pengontrol strategis adalah proses yang digunakan untuk memantau dan mengevaluasi kinerja organisasi dan memastikan bahwa organisasi berada di jalur menuju tujuannya. Proses ini melibatkan pembuatan laporan kinerja, evaluasi kinerja, dan tindakan koreksi. Pengontrol strategis juga mencakup pemahaman berbagai alat pengukuran kinerja, seperti Balanced Scorecard, Five Forces, dan angka kepuasan pelanggan.

Manfaat Manajemen Strategik Menurut Sondang

Manfaat manajemen strategik menurut Sondang adalah sebagai berikut:

1. Membantu Organisasi Mengembangkan Tujuan Jangka Panjang

Manajemen strategik membantu organisasi mengembangkan tujuan jangka panjangnya dan menetapkan strategi yang tepat untuk mencapai tujuan tersebut. Ini memungkinkan organisasi untuk melihat masa depan dan mengambil keputusan yang tepat untuk mencapai tujuan jangka panjangnya.

2. Membantu Organisasi Fokus pada Tujuan dan Strategi yang Tepat

Manajemen strategik membantu organisasi fokus pada tujuan dan strategi yang tepat untuk mencapai tujuan tersebut. Ini memastikan bahwa organisasi bergerak dalam arah yang benar dan tujuannya tercapai dengan efektif dan efisien.

3. Membantu Organisasi Mencapai Kompetensi Unggulan

Manajemen strategik membantu organisasi menemukan kompetensi unggulan mereka dan memanfaatkan kompetensi tersebut untuk mencapai keunggulan kompetitif. Ini memungkinkan organisasi untuk membuat keputusan yang tepat yang akan membantu mereka mencapai tujuannya.

Kesimpulan

Manajemen strategik merupakan suatu proses yang mencakup perencanaan, pengorganisasian, pengarah, dan pengontrol untuk mencapai tujuan organisasi. Menurut Sondang, manajemen strategik terdiri dari empat komponen utama yaitu perencanaan strategis, pengorganisasian strategis, pengarah strategis, dan pengontrol strategis. Manfaat manajemen strategik menurut Sondang adalah membantu organisasi mengembangkan tujuan jangka panjang, fokus pada tujuan dan strategi yang tepat, serta membantu organisasi mencapai kompetensi unggulan.

No Comments

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *