Perbedaan Sasaran Dan Tujuan Manajemen Strategik – brainyqueen

Perbedaan Sasaran Dan Tujuan Manajemen Strategik

Manajemen Strategik Mar 26, 2023 No Comments
PPT MODEL MANAJEMEN STRATEGIK PowerPoint Presentation, free download
PPT MODEL MANAJEMEN STRATEGIK PowerPoint Presentation, free download from www.slideserve.com

Manajemen strategik merupakan suatu kerangka kerja yang digunakan oleh perusahaan untuk menentukan arah perkembangan jangka panjangnya. Kerangka kerja ini meliputi berbagai komponen, termasuk sasaran dan tujuan. Meskipun kedua hal ini memiliki kesamaan, ada juga beberapa perbedaan yang dapat kita lihat di antara keduanya.

Ketika berbicara tentang manajemen strategik, sasaran dan tujuan adalah dua konsep yang sangat penting. Namun, meskipun keduanya memiliki kesamaan, ada juga beberapa perbedaan yang menjadi perhatian. Pada artikel ini, kami akan melihat perbedaan antara sasaran dan tujuan manajemen strategik.

Apa Itu Sasaran?

Sasaran adalah suatu kondisi yang diharapkan dapat dicapai dengan menggunakan strategi tertentu. Sasaran biasanya merupakan kondisi jangka panjang yang diharapkan dapat dicapai dengan menggunakan strategi yang dipilih. Sasaran biasanya tidak dapat dicapai dalam jangka waktu yang singkat. Ini biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dicapai.

Sasaran juga dapat berupa hasil yang diharapkan dari strategi yang dipilih. Sasaran ini dapat berupa hasil yang dicapai dalam jangka panjang. Dalam konteks manajemen strategik, sasaran biasanya merupakan hasil yang diharapkan dari strategi yang dipilih oleh perusahaan untuk mencapai tujuannya.

Apa Itu Tujuan?

Tujuan adalah hasil yang diharapkan dari strategi yang dipilih. Tujuan dapat dicapai dalam jangka waktu yang singkat. Tujuan biasanya merupakan hasil yang diinginkan dari strategi yang dipilih oleh perusahaan untuk mencapai tujuannya. Tujuan juga dapat berupa sasaran jangka pendek yang diharapkan dapat dicapai dengan menggunakan strategi yang dipilih.

Perbedaan antara Sasaran dan Tujuan

Berikut adalah beberapa perbedaan utama antara sasaran dan tujuan:

  • Definisi: Sasaran adalah kondisi yang diharapkan dapat dicapai dengan menggunakan strategi tertentu. Tujuan adalah hasil yang diharapkan dari strategi yang dipilih.
  • Waktu: Sasaran biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dicapai. Tujuan biasanya dapat dicapai dalam jangka waktu yang singkat.
  • Konteks: Sasaran biasanya merupakan hasil yang diharapkan dari strategi yang dipilih oleh perusahaan untuk mencapai tujuannya. Tujuan biasanya merupakan sasaran jangka pendek yang diharapkan dapat dicapai dengan menggunakan strategi yang dipilih.

Contoh Sasaran dan Tujuan Manajemen Strategik

Berikut adalah beberapa contoh sasaran dan tujuan manajemen strategik:

  • Sasaran: Memperluas pasar dengan menambahkan produk baru.
  • Tujuan: Meraih 5% pangsa pasar dalam jangka waktu satu tahun.
  • Sasaran: Mengembangkan jaringan distribusi baru.
  • Tujuan: Memperluas jaringan distribusi ke lima negara baru dalam jangka waktu setahun.
  • Sasaran: Mengembangkan kemampuan teknologi.
  • Tujuan: Merilis enam produk baru yang menggunakan teknologi yang lebih canggih dalam jangka waktu dua tahun.

Kesimpulan

Sasaran dan tujuan merupakan konsep yang penting dalam manajemen strategik. Meskipun keduanya memiliki kesamaan, ada juga beberapa perbedaan yang dapat kita lihat di antara keduanya. Perbedaan utama antara sasaran dan tujuan adalah bahwa sasaran biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dicapai, sedangkan tujuan dapat dicapai dalam jangka waktu yang singkat.

No Comments

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *