Pengertian Evaluasi Dan Pengendalian Manajemen Strategik – brainyqueen

Pengertian Evaluasi Dan Pengendalian Manajemen Strategik

Manajemen Strategik Feb 19, 2023 No Comments
PPT SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN PowerPoint Presentation, free
PPT SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN PowerPoint Presentation, free from www.slideserve.com

Evaluasi dan pengendalian manajemen strategik merupakan proses yang digunakan oleh perusahaan untuk menilai kemajuan dan hasil strategi yang diterapkan. Proses ini juga digunakan untuk menetapkan langkah-langkah yang tepat yang harus diambil untuk memastikan bahwa strategi yang tertuang dalam rencana bisnis yang diadopsi oleh perusahaan benar-benar berjalan dan menghasilkan hasil yang diharapkan.

Evaluasi dan pengendalian manajemen strategik merupakan proses yang sangat penting dalam menjamin kesuksesan organisasi. Oleh karena itu, manajemen strategik harus terus-menerus diperbarui dan diedit untuk memastikan bahwa perusahaan tetap berada di jalur yang benar. Evaluasi dan pengendalian manajemen strategik merupakan proses yang terus-menerus dan berkelanjutan yang membantu memastikan bahwa strategi perusahaan tetap berjalan dengan efektif.

Kekuatan dan Kelemahan Evaluasi dan Pengendalian Manajemen Strategik

Evaluasi dan pengendalian manajemen strategik memiliki beberapa kekuatan dan kelemahan. Salah satu kekuatan dari proses ini adalah bahwa proses ini memungkinkan perusahaan untuk menilai kemajuan strategi yang telah mereka tetapkan. Ini memungkinkan perusahaan untuk menyesuaikan strategi mereka jika perlu, membuat perbaikan, atau mengubah arah strategi jika diperlukan. Proses ini juga memungkinkan perusahaan untuk menentukan apakah mereka harus mempertahankan strategi yang sekarang atau mencari cara lain untuk mencapai tujuan mereka.

Kelemahan utama dari proses ini adalah bahwa proses ini membutuhkan waktu dan sumber daya. Proses ini juga bisa menjadi mahal, terutama jika perusahaan menggunakan banyak orang untuk mengevaluasi strategi mereka. Proses ini juga bisa membuat perusahaan terlalu fokus pada analisis dan evaluasi, yang dapat menghalangi mereka dari mengembangkan strategi baru.

Tahapan Evaluasi dan Pengendalian Manajemen Strategik

Tahapan evaluasi dan pengendalian manajemen strategik meliputi:

  • Penentuan tujuan yang jelas: Ini adalah tahap pertama dalam proses evaluasi dan pengendalian manajemen strategik. Perusahaan harus menetapkan tujuan yang jelas untuk strategi yang akan mereka jalankan. Tujuan-tujuan ini harus spesifik, terukur, dan dapat diukur.
  • Kompilasi data: Tahap ini melibatkan kompilasi data yang dibutuhkan untuk menilai kinerja strategi. Data ini dapat berupa laporan keuangan, laporan penjualan, laporan pelanggan, dan laporan pemasaran.
  • Analisis data: Tahap ini melibatkan analisis data yang telah dikumpulkan. Ini melibatkan studi kasus dan penelitian untuk melihat bagaimana strategi yang diterapkan telah mempengaruhi kinerja perusahaan.
  • Penyusunan laporan: Tahap ini melibatkan penyusunan laporan yang menggambarkan kinerja strategi yang telah diterapkan. Laporan ini harus dibuat dengan jelas dan lengkap dengan menggunakan data yang telah dikumpulkan.
  • Penentuan tindakan: Tahap ini melibatkan penentuan tindakan yang harus diambil untuk memastikan bahwa strategi yang telah diterapkan berjalan dengan baik dan menghasilkan hasil yang diharapkan.

Manfaat Evaluasi dan Pengendalian Manajemen Strategik

Manfaat dari evaluasi dan pengendalian manajemen strategik adalah sebagai berikut:

  • Memungkinkan perusahaan untuk menilai kemajuan strategi yang diterapkan.
  • Memungkinkan perusahaan untuk menyesuaikan strategi mereka jika perlu.
  • Memungkinkan perusahaan untuk memastikan bahwa strategi mereka berjalan dengan baik dan menghasilkan hasil yang diharapkan.
  • Memungkinkan perusahaan untuk mengidentifikasi masalah dan kesempatan yang mungkin timbul.
  • Memungkinkan perusahaan untuk membuat keputusan yang tepat berdasarkan informasi yang tersedia.

Kesimpulan

Evaluasi dan pengendalian manajemen strategik merupakan proses yang penting untuk memastikan bahwa strategi perusahaan berjalan dengan efektif. Proses ini memungkinkan perusahaan untuk menilai kemajuan strategi yang diterapkan, menyesuaikannya jika diperlukan, dan mengidentifikasi masalah dan kesempatan yang mungkin timbul. Proses ini juga memungkinkan perusahaan untuk membuat keputusan yang tepat berdasarkan informasi yang tersedia. Dengan demikian, evaluasi dan pengendalian manajemen strategik dapat membantu perusahaan mencapai tujuan mereka dengan efektif.

No Comments

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *