Ringkasan Materi Manajemen Strategik – brainyqueen

Ringkasan Materi Manajemen Strategik

Manajemen Strategik Feb 22, 2023 No Comments
PPT MANAJEMEN STRATEGIK 1 PowerPoint Presentation, free download
PPT MANAJEMEN STRATEGIK 1 PowerPoint Presentation, free download from www.slideserve.com

Pengertian Manajemen Strategik

Manajemen strategik adalah proses yang digunakan oleh para pemimpin perusahaan untuk mengidentifikasi tujuan jangka panjang perusahaan dan memutuskan bagaimana cara terbaik untuk mencapainya. Proses ini mencakup tiga langkah utama: analisis lingkungan, penyusunan strategi, dan implementasi strategi. Manajemen strategik juga mencakup evaluasi dan kontrol untuk memastikan bahwa tujuan yang telah ditentukan telah dicapai.

Analisis Lingkungan

Analisis lingkungan merupakan proses yang digunakan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang berdampak pada perusahaan. Faktor-faktor ini dapat berupa faktor internal, seperti kondisi keuangan perusahaan, kondisi sumber daya manusia, dan kondisi fisik perusahaan. Faktor-faktor ini juga dapat berupa faktor eksternal, seperti kondisi pasar, situasi politik, dan perkembangan teknologi.

Analisis lingkungan juga membantu para pemimpin perusahaan untuk memahami keterbatasan yang ada dan bagaimana mereka dapat menggunakannya untuk mengembangkan strategi baru. Analisis ini juga membantu para pemimpin perusahaan untuk memahami kondisi eksternal yang mungkin mengubah bentuk perusahaan dan bagaimana mereka dapat mempersiapkan diri untuk menghadapi perubahan-perubahan tersebut.

Penyusunan Strategi

Setelah analisis lingkungan selesai, para pemimpin perusahaan dapat memulai proses penyusunan strategi. Proses ini dimulai dengan mengidentifikasi tujuan jangka panjang perusahaan. Tujuan ini harus jelas dan dapat diukur untuk memastikan bahwa mereka telah dicapai. Tujuan ini dapat berupa keuntungan, pangsa pasar, dan lain-lain.

Setelah tujuan jangka panjang perusahaan telah ditentukan, para pemimpin perusahaan harus menentukan langkah-langkah yang harus diambil untuk mencapai tujuan tersebut. Langkah-langkah ini harus jelas dan dapat diukur untuk memastikan bahwa mereka telah dicapai. Langkah-langkah ini dapat berupa pengembangan produk baru, ekspansi pasar, dan lain-lain.

Ketika para pemimpin perusahaan telah menentukan tujuan jangka panjang dan langkah-langkah untuk mencapainya, mereka harus memutuskan bagaimana cara terbaik untuk mencapainya. Strategi ini harus disesuaikan dengan kondisi lingkungan untuk memastikan bahwa ia akan berhasil. Strategi ini juga harus seimbang dengan sumber daya yang tersedia untuk memastikan bahwa mereka dapat dilaksanakan dengan sukses.

Implementasi Strategi

Setelah strategi ditentukan, para pemimpin perusahaan harus mengimplementasikannya. Implementasi strategi melibatkan mengubah struktur organisasi, mengubah sistem, dan menyediakan sumber daya yang diperlukan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Implementasi ini juga melibatkan pengembangan kapasitas manajemen untuk memastikan bahwa strategi tersebut dapat dilaksanakan dengan sukses.

Ketika implementasi strategi telah selesai, para pemimpin perusahaan harus memantau dan mengevaluasi proses untuk memastikan bahwa tujuan yang telah ditentukan telah dicapai. Evaluasi ini dapat dilakukan dengan menggunakan laporan keuangan, survei, dan lain-lain. Evaluasi ini juga membantu para pemimpin perusahaan untuk memastikan bahwa strategi yang telah ditentukan masih relevan dan dapat diterapkan dengan sukses.

Kesimpulan

Manajemen strategik merupakan proses penting yang digunakan oleh para pemimpin perusahaan untuk mengidentifikasi tujuan jangka panjang perusahaan dan memutuskan bagaimana cara terbaik untuk mencapainya. Proses ini mencakup tiga langkah utama: analisis lingkungan, penyusunan strategi, dan implementasi strategi. Analisis lingkungan membantu para pemimpin perusahaan untuk memahami kondisi internal dan eksternal yang mungkin mempengaruhi perusahaan. Penyusunan strategi membantu para pemimpin perusahaan untuk menentukan tujuan jangka panjang dan langkah-langkah yang harus diambil untuk mencapainya. Implementasi strategi melibatkan mengubah struktur organisasi, mengubah sistem, dan menyediakan sumber daya yang diperlukan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Evaluasi dan kontrol juga harus dilakukan untuk memastikan bahwa tujuan yang telah ditentukan telah dicapai.

No Comments

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *